Contoh Surat Pengunduran Diri untuk Resign Kerja

Mengundurkan diri (resign kerja) dari perusahaan adalah suatu hal yang lumrah terjadi. Dari alasan sakit yang tidak kunjung sembuh, tempat tinggal jauh, tidak nyaman, bosan, ingin penghasilan yang lebih tinggi hingga ingin buka usaha sendiri. Meski berbagai alasan, Seorang karyawan yang ingin berhenti bekerja terlebih dahulu harus mengajukannya melalui surat pengunduran diri minimal 1 bulan sebelumnya.

Sebuah surat pengunduran diri memerlukan susunan penulisan yang singkat dan padat sehingga jelas maksud dan tujuan surat tersebut. Susunan tersebut antara lain memuat :

1. Nama Perusahaan
2. Nama Karyawan
3. Tanggal undur diri
4. Alasan pengunduran diri

Meski sederhana, pembuatan surat ini juga perlu mempergunakan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan kesopanan sehingga pengunduran diri tidak dimenimbulkan kesalahpahaman yang akan menghambat proses resign.

Nah, bagi Anda yang ingin membuatnya silahkan disimak beberapa contoh surat pengunduran diri di bawah ini :

contoh surat pengunduran diri untuk resign kerja
pict by : careerfaqs

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Sakit

                                                                                            Jakarta, 15 Pebruari 2017
Hal.  : Pengunduran Diri
                                                                                            Kepada
                                                                                            Yth. Bapak / Ibu
                                                                                            Kepala HRD Pt. Makmur Hidup Abadi
                                                                                            di tempat


Dengan Hormat,
Melalui surat ini Saya selaku karyawan Pt. Makmur Hidup Abadi,

Nama   : Sarmoko
NIK      :  1234567890
Jabatan : Marketing

Bermaksud ingin sampaikan pengunduran diri saya dari perusahaan terhitung mulai tanggal 16 Maret 2017. Pengunduran diri ini saya ajukan dikarenakan sakit yang berkepanjangan dan harus menjalani perawatan dalam kurun waktu yang relatif lama.

Saya mengucapkan banyak terimakasih atas segala bimbingan dan kerjasama yang telah terjalin selama ini, Khususnya kepada pihak Manajemen Pt. Makmur Hidup Abadi dan segenap karyawan.

Banyak sekali pengalaman yang telah saya dapatkan selama bekerja di Pt. Makmur Hidup Abadi yang tentunya sangat bermanfaat untuk saya terapkan dalam kehidupan saya sehari-hari.

Akhir kata, mohon kiranya Bapak / Ibu HRD Pt. Makmur Hidup Abadi dapat mengabulkan pengunduran diri saya ini.

                                                                                                     Hormat Saya,


                                                                                                         Sarmoko
artikel lainnya : Contoh Surat Keterangan Kerja Perusahaan Terbaru

Contoh Surat Pengunduran Diri Alasan Tempat Tinggal

                                                                                          Jakarta, 15 Pebruari 2017
Hal : Pengunduran Diri
                                                                                          Kepada
                                                                                          Yth. Bapak / Ibu
                                                                                          Kepala HRD Pt. Makmur Hidup Abadi
                                                                                          di tempat

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama     : Sarmoko
NIK        : 1234567890
Jabatan   : Marketing

Menyatakan bahwa saya berniat mengundurkan diri sebagai karyawan Pt. Makmur Hidup Abadi terhitung sejak tanggal 16 Maret 2017.

Adapun alasan pengunduran diri saya adalah tempat tinggal yang sangat jauh dari tempat kerja, Sehingga harus memakan waktu yang panjang dalam perjalanan setiap hari.

Berkenaan dengan tanggungjawab pekerjaan saya selama ini, Akan saya selesaikan dengan tepat waktu.

Atas kesempatan bekerja yang telah diberikan kepada saya selama ini, Saya mengucapkan banyak terimakasih. Apabila ada kekhilafan yang telah saya buat baik dengan sengaja atau tidak sengaja kepada perusahaan, Karyawan dan seluruh Staff Manajemen Pt. Makmur Hidup Abadi maka saya mohon diberikan maaf yang sebesar-besarnya.

Demikian surat ini saya sampaikan, dan harapan saya agar perusahaan dapat bertambah maju dan lebih sukses lagi.

                                                                                                Hormat Saya,
                                                                                                    Sarmoko

Baca juga : Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Berbagai Halangan

Contoh Surat Pengunduran Diri Dalam Bahasa Inggris

                                                                                                           Sarmoko

                                                                                                           Jl. Ahmad Yani 33
                                                                                                           Jakarta 11762
                                                                                                           Tel : xxxx xxx xxx


     15 Pebruari 2017

      Ms Clara Cantika

      Chief Executive Officer
      Pt. Makmur Hidup Abadi
      Jl. Ambarawa 15
      Jakarta 11766

Dear Ms Cantika

I wish to formally notify you that I am resigning from my position as Senior Marketing Officer with Pt. Makmur Hidup Abadi. My last day of employment will be March 16, 2017 as per my obligations under the terms of my employment contract.

I appreciate the opportunities I have been given at Pt. Makmur Hidup Abadi and your professional guidance and support. I wish you and the company success in the future.

                                                                                                         Yours sincerely

                                                                                                          Sarmoko

Nah, itulah beberapa contoh surat pengunduran diri yang diharapkan dapat membantu Anda lebih mudah membuatnya. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:
Write komentar